Senin, 20 April 2015

Pengertian Kompenisasi



BAB VIII
Pengertian Kompenisasi
Slide 4
PENGERTIAN KOMPENSASI
   Kompensasi adalah :
}  faktor penting yang mempengaruhi bagaimana dan mengapa orang-orang bekerja pada suatu organisasi dan bukan pada organisasi lainnya.
}  Pengusaha harus cukup kompetitif dg beberapa jenis kompensasi guna mempekerjakan, memperhatikan dan memberi imbalan terhadap kinerja setiap individu di dalam organisasi.
Pembahasan:
Sebagian besar masyarakat khususnya karyawan menganggap kompensasi sangat penting, sebab besarnya kompensasi bagi mereka mencerminkan ukuran nilai karya mereka diantara para karyawan itu sendiri, keluarga dan masyarakat. Tingkat kompensasi absolut karyawan menentukan skala kehidupannya, sedangkan kompensasi relatif menunjukkan status, martabat, dan harga diri mereka. Jadi bila para karyawan memandang kompensasi mereka tidak memadai, prestasi kerja, motivasi dan kepuasan kerja mereka bias turun secara dramatis.
Program-program kompensasi juga penting bagi perusahaan, karena mencerminkan upaya organisasi untuk mempertahankan sumberdaya manusianya. Selain itu kompensasi sering merupakan komponen-komponen biaya yang paling besar dan penting. Bila pengupahan dan penggajian tidak diadministrasikan secara tepat, perusahaan bisa kehilangan para karyawannya yang baik dan harus mengeluarkan biaya untuk menarik, menyeleksi, melatih dan mengembangkan penggantinya. Bahkan apabila karyawan tidak keluar, mereka mungkin menjadi tidak puas terhadap perusahaan dan menurunkan produktivitas mereka.

Contoh:
Perusahaan PT. Honda Jaya di Luwuk, Sulawesi Tengah. PT. Honda Jaya merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang transportasi darat antar kota, mulai dari Luwuk, Ampana, Batui, Poso, Parigi Moutong, Pagimana, Palu, Gorontalo, Manado, Ujung Pandang dan kota-kota sekitaran Sulawesi lainnya. Manejer PT. Honda Jaya selalu melakukan pengecekan pada karyawannya setiap satu minggu sekali. Pada beberapa minggu kemarin ternyata banyak mobil rental yang tidak beroperasi. Melihat banyak mobil yang tidak beroperasi manejer memanggil semua karyawan atau sopir mobil-mobil yang dibawah mereka. Mereka diminta menyampaikan kira-kira apa kendalanya dan bagaimana solusinya, masing-masing kami menyampaikan pendapat dan ditarik satu kesimpulan bahwa penyebabnya adalah rendahnya semangat kerja karyawan/karyawati, dedikasi kerja yang mulai menurun karena upah rendah dan tidak terdaftar di Jam sostek. Solusi yang kami tawarkan adalah pemberian susu dan kacang hijau kepada karyawan dan pemberian bonus jika target tercapai. Bonus disini adalah semacam Kompensasi atas niat, usaha dan kerja kerasnya dalam usaha untuk mencapai target dimaksud, dan ini dirasakan adil oleh karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar